Menjamah Eksotisme Wediombo

Jogjakarta, kota ini seakan tak ada habisnya menyuguhkan berbagai macam keindahan yang terus menyedot perhatian. Mungkin benar adanya jika sekali menapakkan kaki di kota ini, tak akan bisa lepas dari jerat cintanya, ihiiiiirrrrrr~~~

Di deretan sepanjang Gunung Kidul pun, tawaran akan pantai-pantai laut selatan yang terkenal akan ombaknya yang tinggi selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wediombo. Pantai ini menambah satu dari jajaran pantai cantik di Gunung Kidul, Jogjakarta. Pantai ini merupakan salah satu dari pantai terbaik yang menawarkan panorama yang sangat indah.



Terletak di Desa Jepitu, sekitar 40 km dari kota Wonosari. Dibutuhkan sekitar 2,5 jam berkendara dari kota Jogjakarta. Meskipun lokasinya yang sangat jauh, tapi pantai ini sangat layak untuk dikunjungi. Dengan pasir putih dan teluk lebar yang menghadap ke laut dan dikelilingi oleh deretan karang yang eksotis, membuat kita tidak akan menyesal mengunjungi pantai ini. Ingin berkunjung tapi tidak memiliki kendaraan pribadi? Tenang aja bro/sis, kalian bisa menyewa kendaraan disana dengan bandrol harga mulai dari Rp 70.000 tergantung kendaraan yang akan kita sewa. Oh iya, satu lagi di Jogja juga sekarang udah ada gojek, ya kali aja abang gojeknya mau diminta untuk nganterin ke Gunung kidul, hohoho~~~

Rute untuk menuju ke sini ada dua alternatif yang bisa ditempuh. Pertama bisa berkendara dari Jogja ke Wonosari dan Semanu, setelah itu dapat melanjutkan perjalanan ke Jepitu dan kemudian tiba di Wediombo. Atau yang kedua, dapat berkendara dari Jogjakarta ke arah selatan. Pergi ke sepanjang deretan pantai selatan sampai tiba di Tepus. Lalu meneruskan ke Girisubo dan tiba di Wediombo. Di sepanjang jalan pun kita bisa dengan mudah menemukan papan petunjuk arah yang akan menunjukkan kita ke pantai-pantai mana yang akan kita kunjungi. Biaya masuk ke sini dibandrol Rp. 5000 per orang. Dan harga ini relatif sama dengan pantai-pantai lainnya di sepanjang Gunung Kidul ini. Murah lah ya.

Begitu memasuki kawasan Wediombo, setelah parkir kendaraan kita akan turun lebih rendah ke tanah dibawahnya dengan menyusuri anak tangga. Di sepanjang pantai ini kita pun dapat dengan mudahnya menemukan kerang-kerang dan kepiting yang terbawa dari derasnya ombak. Bermain-main di pantai dengan pasir putihnya, berenang di kolam karang di pinggir pantai, memancing, hingga menikmati sunset dapat kita lakukan disini. Air laut yang biru jernih, kerang-kerang yang terpelihara dengan baik menambah luar biasa pemandagnan pantai ini sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu dari padatnya rutinitas.

Terus menyusuri pantai ke arah timur, kita akan menemukan gundukan batu-batu karang yang tinggi serta ombak yang terus menerjang dengan keras sehingga membentuk sebuah kolam alami. Dan jangan lewatkan kesempatan untuk berenang di kolam ini. Karena tempat ini juga bisa menjadi spot yang apik bagi pecinta photography. Karena kita seolah berenang di kolam dengan suguhan air laut. Dan sering pula ketika ombak tinggi menderu, ketika berenang kita kan mendapat serangan air dengan tiba-tiba yang menambah keseruan.

Gw juga kemarin sempet bareng sama kru Indonesia Punya Cerita dari Trans TV. Dari maen-maen air sendiri, akhirnya punya kenalan dan gabung sama mereka bareng-bareng. Seru banget gak sih. Tapi buat kalian yang ingin menghabiskan waktu buat berenang ataupun mancing, gw saranin jangan sampai terlalu sore. Karena air laut pun akan menjadi pasang sehingga ombak yang datang pun semakin tinggi. 




Ada banyak pantai indah di deretan Gunung Kidul, jika kalian ingin menjamah keseluruhan, rasanya mencari penginapan di daerah sini adalah alternatif yang baik. Karena sehari saja mengunjungi pantai-pantai disini tidak akan cukup. Karena kita akan dimanjakan oleh keindahan dan kunikan dari masing-masing pantai yang menyuguhkan keindahan yang berbeda-beda ini. So, don't waste your trip, udah gak jaman ke Jogja cuma taunya Parangtritis :p



Komentar

Most Common

Umbul Sidomukti

Day Seven-Eight : Penang

Solo Backpacker Goes to Singapore Part II

Confetti Ice Cream Malang

Mlaku-Mlaku Nang Semarang (Day1)

Day Nine-Eleven : Kuala Lumpur - Pulang

Bumi Lambung Mangkurat, Bungas!

Mengisi Amunisi di Resto Kapitan, Penang

JJS Taman Kota Air, Kapuas Kalimantan Tengah

Paralayang di Batu Malang